IMPLEMENTASI MANAJEMEN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI SMP IT INSAN MULIA KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana pengelolaaan SMP IT Insan Mulia Batanghari dalam menerapkan manajemen budaya sekolah Islami di lembaga mereka. 2) Gambaran tentang beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen budaya sekolah Islami.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Temuan penelitian ini yaitu meliputi:
1) SMP IT Insan Mulia Batanghari merasa perlu untuk mengelola budaya dalam hubungannya dengan meningkatkan mutu sekolah secara kultural, hal ini mengacu pada visi pendirinya, Beriman, Berprestasi, Islami dan Mandiri.Yang dipengaruhi oleh cita-cita internal dan tuntutan eksternal, maka diterapkanlah budaya sekolah Islami pada tahun 2012 Sampai sekarang. Budaya ini di implementasikan dalam bentuk membangun budaya akhlakul karimah.
2) Adapun faktor pendukung dan juga penghambat dalam penerapan Manajemen Budaya Sekolah Islami di SMP IT Insan Mulia Batanghari meliputi : Faktor pendukung, komitmen dari top manajemen, dedikasi anggota (guru dan staf), adanya sistem reward dan punishment,dan ketersediaan fasilitas pendidikan yang representatif. Faktor penghambat, Belum optimalnya pelaksanaan budaya sekolah islami oleh semua siswa, belum optimalnya penerapan sanksi, kekhawatiran anggota akan persepsi masyarakat sebagai sekolah yang banyakaturan, dan bergaris keras, ketidaksiapan pihak internal akan konsekwensi logis yang harus dilaksanakan dalam perwujudan suasana keagamaan di sekolah.
Kata Kunci : Manajemen, Budaya Sekolah